Dalam dunia penulisan artikel terdapat beberapa perbedaan artikel SEO dengan artikel biasa yang harus dipahami dan dicermati. Artikel SEO merupakan sebuah atau suatu artikel yang ditulis dengan cara menerapkan aturan atau kaidah-kaidah algoritma Search Engine Optimazation. Teknik penulisan tersebut sangat efektif supaya artikel mudah ditemukan dalam mesin pencari oleh pengguna internet.

Artikel biasa merupakan artikel yang ditulis menggunakan teknik-teknik penulisan artikel pada umumnya. Artikel ini ditulis secara natural. Tidak ditulis secara khusus dan terikat oleh aturan-aturan. Seperti ketentuan penggunaan keyword, kata hubung, jumlah kata, jumlah karakter, dan meta deskripsi.

Artikel SEO maupun artikel biasa keduanya dapat dimuat dalam website atau blog. Hanya saja keduanya akan berpengaruh pada kualitas website. Supaya lebih memahami perbedaan diantara kedua artikel tersebut, disini kami akan menjabarkan perbedaannya secara rinci.

Artikel SEO Dimuat untuk Optimalisasi Website atau Blog

Mesin pencari seperti Google membuat peringkat artikel di dalam mesin pencarian berdasarkan perilaku pengguna internet. Artikel yang memiliki kualitas baik akan dibaca dalam waktu cukup lama dan sering dibagikan kepada orang lain. Data tersebut yang menjadi acuan Google untuk menilai kualitas sebuah artikel.

Perbedaan artikel SEO dan artikel biasa inilah yang menjadi alasan utama pemilik website lebih memilih untuk memuat artikel SEO. Karena pengguna internet yang membaca artikel biasa lebih sedikit daripada artikel SEO. Artikel biasa biasanya berisikan cerita-cerita secara personal.

Artikel SEO Ditulis dengan Target Keyword

Teknik penulisan artikel SEO ditulis dengan memperhatikan target keyword yang ditentukan. Jumlah keyword yang digunakan harus disesuaikan dengan jumlah kata yang ditulis. Dalam menggunakan keyword, perlu dilakukan riset keyword dasar terlebih dulu.

Pada penulisan artikel biasa tidak memerlukan target keyword. Penulisan artikel ini mengalir begitu saja sesuai tema yang diinginkan tanpa melakukan riset keyword. Serta tidak memperhitungkan penempatan keyword dalam setiap kalimat. Inilah salah satu perbedaan artikel SEO dengan artikel biasa yang paling diperhatikan.

Judul Artikel SEO Dibuat Menarik dan Mengandung Target Keyword

Terdapat jumlah minimum dan maksimum karakter pada judul artikel SEO. Hal ini berhubungan dengan jumlah maksimum karakter yang dapat ditampilkan di halaman pencarian. Tujuannya supaya judul artikel dapat dimuat lengkap di halaman pencarian dan optimasi penggunaan URL pada mesin pencari.

Judul artikel SEO harus dibuat menarik dengan tujuan supaya memikat hati pengunjung untuk mengunjungi website Anda. Selain menarik, judul artikel juga harus mengandung keyword yang ditargetkan. Dalam penulisan judul artikel biasa hal-hal tersebut tidak perlu diperhatikan dan diterapkan.

Artikel SEO Menggunakan Subheading

Perbedaan artikel SEO dengan artikel biasa selanjutnya yakni pada penggunaan subheading. Sub heading merupakan sub pembahasan yang membagi artikel menjadi beberapa bagian. Masing-masing bagian memuat pembahasan yang berbeda, namun tetap satu artikel yang utuh.

Font yang digunakan pada subheading ukurannya lebih kecil dari font judul utama. Tujuannya untuk apa? Tentu untuk menunjukkan bahwa terdapat bagian-bagian yang terpisah tetapi tetap dalam satu artikel. Dengan begitu, pembaca akan lebih tertarik membaca artikel dari satu bagian ke bagian yang lainnya.

Artikel SEO Mengandung Meta Deskripsi

Artikel SEO yang dimuat di dalam website atau blog harus mengandung meta deskripsi. Meta deskripsi yakni deskripsi yang berisikan konten artikel SEO. Bagian ini disusun dalam satu kalimat yang padat dan akan ditampilkan di bawah URL yang muncul di halaman pencarian.

Terdapat jumlah batas minimum dan maksimum karakter yang dapat ditampilkan di halaman mesin pencari yaitu 140 hingga 160 karakter. Ini merupakan bagian terpenting dari pengoptimalan mesin pencari yang dapat meningkatkan jumlah kunjungan sebuah situs website.

Yaps, itulah 5 perbedaan artikel SEO dengan artikel biasa yang dapat dipahami dari segi tujuan maupun kaidah-kaidah penulisannya. Semoga dapat bermanfaat membantu Anda lebih mudah dalam membedakan artikel SEO dengan artikel biasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *