Bagi seorang penulis, belajar memahami cara membedakan artikel informatif dan berita merupakan hal yang sangat dibutuhkan. Pasalnya, banyak yang masih belum memahami perbedaan artikel informatif dan berita secara detail. Banyak yang mencampuradukkan tujuan dan kaidah-kaidah penulisannya.

Artikel informatif dan berita keduanya merupakan jenis karya tulis yang dapat dimuat di media online maupun media cetak. Artikel informatif merupakakn sebuah karangan faka secara lengkap yang memang ditulis untuk menyampaikan dan memberikan sebuah informasi. Informasi yang disampaikan dapat mengedukasi, meyakinkan, dan menghibur pembaca.

Sedangkan berita adalah informasi mengenai suatu peristiwa yang sedang terjadi. Artikel jenis berita ini juga dapat disampaikan dari mulut ke mulut. Lantas apa perbedaan diantara kedua karya tulis tersebut? Bagaimana cara membedakan artikel informatif dan berita? Mari simak penjelasan yang telah kami rangkum di bawah ini.

Pengertian Artikel Informatif

Informasi yang disajakin dalam artikel informatif kepada pembaca tergantung tema yang diangkat oleh penulis. Untuk menulis artikel informatif diperlukan pengetahuan dan data yang akurat. Apabila pengetahuan dan data tersebut tidak sesuai dengan fakta, akan berakibat buruk bagi pembaca karena membaca informasi yang tidak benar.

Artikel informatif memiliki sifat berumur panjang. Arti berumur panjang ialah artikel tersebut lebih tahan lama dan tetap dapat menarik pengunjung untuk membaca hingga beberapa tahun kedepan. Menulis artikel informatif yang memberikan informasi mengenai tips, cara, maupun kiat-kiat terbukti lebih menarik dan tetap bermanfaat.

Komponen-komponen yang terdapat di dalam artikel informatif yaitu judul, nama penulis, lead, body, ending, dan keterangan mengenai penulis. Penulisan artikel ini menggunakan metode yang sistematis. Serta memenuhi konsep 2W + 1H (What, Why, dan How). Dalam artikel informatif, how mengemukakan solusi mengenai tema yang dibahas.

Artikel informatif ditulis lengkap dengan analisisnya oleh seseorang yang ahli dalam bidang yang berkaitan dengan tema artikel tersebut. Dengan memahami mengenai tujuan, isi, sifat, dan komponen artikel informatif, Anda sudah beberapa langkah mengerti cara membedakan artikel informatif dan berita.

Pengertian dari Artikel Berita

Informasi yang disuguhkan dalam berita kepada pembaca berupa informasi yang aktual atau terkini. Untuk menulis berita diperlukan data dan narasumber yang dapat dipercaya. Akan berakibat fatal bagi masyarakat luas apabila menyebarkan berita yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya berdasarkan data dan fakta yang ada.

Berita memiliki sifat berumur pendek. Arti berumur pendek yaitu informasi yang dimuat dalam berita tidak bertahan lama. Dalam beberapa waktu yang akan datang, pengunjung tidak tertarik untuk membaca informasi yang dimuat dalam berita tersebut. Karena informasi yang disajikan sudah lampau.

Komponen-komponen yang terdapat di dalam berita yaitu judul, dateline, lead, body, ending, dan initial penulis. Penulisan berita menggunakan konsep 5W + 1H (What, Who, Why, When, Where, dan How). Dalam berita, how hanya menjelaskan proses kejadian tidak memberikan solusi seperti pada artikel informatif.

Berita ditulis oleh tim redaksi dan tidak dilengkapi dengan analisis mengenai informasi yang disampaikan. Biasanya berita ditulis berdasarkan kepentingan umum. Merupakan langkah yang tepat apabila Anda memahami cara membedakan artikel informatif dan berita dengan meninjau dari segi tujuan dan teknik-teknik penulisannya.

Itulah cara membedakan artikel informatif dan berita yang ditinjau dari beberapa aspek. Ketika ingin membedakan keduanya, Anda harus membaca secara detail dan menyeluruh isi kedua karya tulis tersebut. Supaya tidak terjadi kesalahan dalam menafsirkan dan memahami kaidah penulisannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *