Memiliki hobi menulis dan ingin mendapatkan uang jajan? Yap, anda bisa mendapatkan uang jajan dari menulis artikel. Senang bukan? Mendapatkan penghasilan untuk jajan tentu sebuah kebanggaan tersendiri, apalagi mungkin bagi pelajar maupun mahasiswa yang belum bekerja dan masih harus fokus belajar.

Cara Mendapatkan Uang Jajan dari Menulis Artikel

Di zaman yang serba digital seperti saat ini, kita bisa dengan mudah untuk menghasilkan uang jajan dari menulis artikel. Caranya adalah cukup dengan menulis artikel. Artikel yang sudah jadi, bisa dikirimkan ke media online, gabung sebagai penulis lepas di perusahaan penulis maupun kita membuka jasa penulisan artikel di sebuah situs tenaga lepas. Berikut detail penjelasannya.

1. Mengirimkan Artikel ke Media Online

Mengirimkan artikel ke media online bisa menjadi jalan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Media online sebagai tempat untuk mendapatkan uang jajan dari menulis artikel banyak sekali bentuknya. Misalnya saja ada IDN Times, Mojok, Hipwee, ataupun bisa juga menjadi kontributor di Majalah sebuah kampus.

Agar artikel kita dapat dimuat di media online tersebut, kita hanya harus jeli membaca persyaratan dan ketentuan penulisan artikelnya, kemudian mulailah menulis dan mengirimkan ke media yang bersangkutan. Umumnya ada tenggat waktu apakah artikel diterima atau tidak, biasanya kurang lebih 2 minggu, lewat 2 minggu artikel tidak dimuat.

2. Bergabung sebagai Freelance di Perusahaan Penulis

Bergabung sebagai tenaga lepas atau freelance di sebuah perusahaan penulis artikel seo juga dapat menjadi ladang untuk mendapatkan uang jajan dari menulis artikel. Untuk bergabung di sebuah perusahaan, tentunya kita harus memiliki kemampuan menulis. dibuktikan dengan portofolio. Kita bisa mencantumkan karya tulis atau pengalaman bekerja sebagai penulis.

Sebuah perusahaan penulis tentu memiliki aturan atau sistemnya sendiri, misalnya terkait dengan tema artikel, ketentuan penulisan artikel, kompensasi, deadline atau tenggat waktu pengumpulan artikel, kode etik penulis, dan lain-lain. Hendaknya kita membaca dan memikirkan betul aturan dari perusahaan penulis tersebut agar sesuai dengan kebutuhan.

Kita bisa mencari informasi mengenai perusahaan penulis yang sedang membuka lowongan sebagai tenaga freelance di internet. Baca dan pahami dengan betul ketentuan dan syaratnya, lalu kita siapkan persyaratannya. Terakhir kita kumpulkan data-data untuk lamarannya, dan tinggal menunggu hasilnya saja.

Tidak ada salahnya untuk bergabung sebagai tenaga lepas atau bukan? Asalkan kita dapat mengatur waktu dengan baik, apalagi jika kita memiliki kegiatan utama.

3. Membuka Jasa di situs Freelance

Untuk membuka jasa di situs freelance banyak juga macamnya, ada Sribulancer, Freelancer, Fiverr, Fastwork, dan lain-lain. Situs-situs tersebut membuka peluang kita mendapatkan uang jajan dari menulis artikel. Untuk memulai membuka jasa atau memberikan penawaran, cukup daftar saja di situs tersebut. Untuk daftar biasanya diperlukan data-data pribadi kita, seperti nama, email, nomor telepon.

Ketika kita mendaftar di sebuah perusahaan, kita pasti menunjukkan portofolio, sebagai bukti kemampuan kita, sama halnya ketika bergabung di sebuah situs freelance, kita wajib melampirkan portofolio, untuk ditunjukkan kepada klien, karena bagaimanapun juga untuk menggaet klien, kita harus memiliki portofolio, yang menunjukkan kita mumpuni.

Di dalam situs freelance, kita bisa mengirimkan penawaran terhadap sebuah proyek yang dikirimkan oleh klien. Untuk harga sebuah proyek, tentunya bervariasi. Jika misalnya kita yang terpilih untuk suatu proyek, klien akan menghubungi kita atau terdapat notifikasi dari situsnya. Mengenai fee atau kompensasi, tentunya ada persentase untuk situs freelance yang kita ikuti, sekali lagi besaran persentasenya tergantung aturan dari situs yang bersangkutan.

Setelah kita menyelesaikan proyek dari klien, biasanya klien akan memberikan penilaian atau rating, semakin bagus penilaian kita di mata klien, maka peluang untuk mendapatkan pekerjaan di kemudian hari juga akan besar, ibarat kata kita sudah kredibel atau dipercaya.

Seperti kata pepatah, banyak jalan menuju aroma, sama halnya dengan mendapatkan uang jajan dari menulis artikel, banyak juga jalannya, silakan dipilih yang sesuai dengan kondisi kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *