Dewasa ini perkembangan teknologi mengalami peningkatan secara signifikan khususnya teknologi android yang selalu mengalami pengembangan dari berbagai versi, adapun versi android yang terbaru adalah android Q, sebelumnya versi android Pie, Oreo, Nougat, Marshmallow, Lollipop, KitKat, dan Jelly Bean.

OS android apakah yang terpasang di HP pintar anda? Jika system operasi yang digunakan di smartphone anda masih tergolong jadul, maka tidak akan bisa menginstall aplikasi yang mendukung android terbaru. Apakah bisa di upgrade? Bisa saja, ada yang meng-upgrade OS Android dengan Root atau tanpa Root. Ada juga yang harus menggunakan bantukan komputer (PC) ada juga yang tanpa laptop

Salah satu manfaat menaikkan versi android ke OS terbaru adalah bisa menikmati berbagai fitur terbaru yang ditawarkan OS Terbaru. Tentunya tampilannya semakin elegan sehingga menjadikan penggunanya semakin betah dalam mengoperasikan HP android.

Terkadang ada beberapa jenis smartphone yang tidak mendapatkan upgrade secara otomatis melalui OTA, terkadang harus melakukan proses root, seperti HP saya Xiaomi 4A yang menggunakan system operasi Marshmallow tapi tidak mendapatkan upgrade ke Nougat. Artinya, jika saya ingin upgrade maka harus melakukan proses Root terlebih dahulu.

Cara Upgrade Android Marshmallow Ke Nougat Via OTA

Cara upgrade android via OTA merupakan cara yang paling mudah tanpa menggunakan bantuan komputer, penasaran dengan langkah-langkahnya? Simak berikut ini:

Hubungkan Perangkat Dengan Wi-Fi

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyambungkan perangkat android anda dengan jaringan Wi-Fi, kenapa harus menggunakan Wifi? Pasalnya saat nanti proses pengunduhan system operasi tidak lemot, seperti yang kita ketahui bahwa ukuran firmware mencapai 2GB.

Masuk Setting Perangkat Android

Setelah menyambungkan HP ke Wifi, sekarang kita masuk pada pengaturan perangkat android dengan cara Klik icon berbentuk roda gigi. Lalu scroll kebawah dan pilih “ About Phone/ Tentang Perangkat”. Adapun letaknya tergantung model smartphone yang anda miliki, HP Samsung berbeda dengan HP Xiaomi dalam tata letak pengaturan.

Pilih Update

Setelah anda masuk pada menu “ About Phone/ Tentang Perangkat” sekarang klik update, biasanya menu ini berada di bagian atas. Kemudian pilih “Software Update/Pembaruan Perangkat Lunak” atau “System Firmware Update“. Kemudian pilih “Check for Updates/Periksa Pembaharuan“ maka secara otomatis android akan mencari pembaharuan OS yang tersedia. Apakah OS anda mendukung pembaharuan atau tidak, nanti akan muncul notif.

Install OS Android Terbaru

Apabila update OS Android tersedia maka akan muncul menu di bagian atas, kemudian pilih install dan perangkat akan melakukan pengunduhan dan melakukan proses instalasi OS terbaru. Tunggu hingga instalasi selesai dan perangkat akan melakukan restart secara otomatis.

Itulah Cara Upgrade OS Android Ke Marshmallow yang bisa kami sampaikan, jika anda mengalami error saat proses instalasi silahkan tuliskan pertanyaan dan pengalaman anda di kolom komentar dibawah ini yang sudah disediakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *