Ada beberapa jenis-jenis penulisan artikel yang perlu anda ketahui jika ingin mempelajari tentang dunia tulis menulis. Adapun tujuan dari penulisan sebuah esai yaitu untuk menjelaskan suatu masalah tertentu kepada pembaca. Penulis pasti mempunyai gagasan tersendiri yang ingin disampaikan kepada orang lain dalam melalui esai.

Biasa disebut juga karangan, dalam pembuatannya writer harus memenuhi pesyaratan agar benar dan enak dibaca. Pertama adalah wajib memberikan judul paling menarik, sebaiknya gunakan judul terbaru yang bisa membuat pembaca lebih penasaran. Pemberian judul sangat mempengaruhi sebuah esai akan dibuka oleh seseorang atau tidaknya.

Namun sebelumnya wajib menentukan sebuah tema terlebih dahulu agar bisa menulis secara mudah atau punya gambaran dulu. Sesuaikan judul seperti tema, jangan sampai membahas hal lain yang tidak ada kaitannya. Temukan ide pokok pembahasan, baru setelah itu mengembangkan pikiran agar menjadi paragraf padu.

Berikutnya menuliskan isi sesuai ulasan yang akan disampaikan, terakhir menarik kesimpulan dari seluruh penjelasan tertentu. Nah, disini kami akan membahas sebagian besar macam artikel yang sering ditemukan melalui media online maupun offline. Pastikan untuk tetap mengikuti penjelasan berikut agar paham semua jenisnya dan menambah ilmu.

Artikel SEO & Review

Paling awal mungkin anda masih jarang mendengar tentang penulisan sebuah esai berbasis seo, disini ada aturan tersendiri ketika membuat. Ya, dalam proses pembuatannya writer harus memasukkan beberapa kata kunci menyesuaikan terhadap panjang kata, batas maksimal pengulangan kata keyword 3% saja, tidak boleh melebihinya.

Jenis-jenis penulisan artikel pertama yaitu seo mempunyai fungsi sangat penting khususnya bagi pelaku bisnis yang ingin memiliki website lebih optimal. Tujuannya adalah memaksimalkan kehadiran website pada google supaya bisa berada di halaman pertama pencarian. Kata kunci tadi fungsinya agar esai anda berkaitan dan berpeluang muncul.

Kemudian masih ada lagi jenis review, disini seluruh isi atau penjelasannya berupa menjelaskan suatu hal tertentu secara jelas. Ada kelebihan maupun kekurangan di dalam satu pembahasan sampai akhir, tetapi bisa memberikan faktor plusnya saja. Biasanya review digunakan untuk esai pesanan sebuah produk atau website juga.

Berikutnya, terdapat karangan berita yaitu isinya memuat seluruh informasi terbaru yang sedang viral maupun terjadi belakangan ini. Berita harus up to date dan tentunya tetap fresh ketika dibaca oleh masyarakat. Dalam memberikan penjelasan tentang berita, penulis harus mencantumkan unsur 5W 1H serta dari kejadian fakta.

Opini dan Informatif

Jenis-jenis penulisan artikel selanjutnya adalah opini, disini penulis biasanya memberikan gagasan, pikiran, atau pendapat tentang suatu peristiwa tertentu. Writer bebas beropini sesuai isi hatinya, asalkan tidak mengandung unsur sara maupun menjelekkan oknum tertentu. Jenis tersebut cocok bagi anda yang ingin mengungkapkan keluh kesah kehidupan.

Terdapat pula macam berikutnya berupa informatif, artinya seluruh pembahasan memuat tentang gambaran atau informasi bersifat umum. Tidak perlu menjelaskan secara detail, tetapi gambaran umum saja. Namun perlu dipahami, walaupun tanpa detail menjelaskan suatu hal tertentu tapi pembaca harus mengerti maksud penulisannya secara mudah.

Kemudian ada macam esai persuasif, berisi ajakan atau imbauan dalam kegiatan tertentu agar pembaca mengikuti maksud dari penulis. Disini bisa ajakan untuk kebaikan, atau bahkan diajak mengarah pada kepentingan tertentu. Namun bisa juga berupa imbauan agar pembaca menghindari atau jangan melakukan kegiatan berbahaya.

Seluruh pembahasan tersebut berupa macam-macam dari penulisan karangan berupa artikel, jadi anda wajib memahaminya. Sebenarnya masih banyak lagi lainnya namun karena waktu cukup terbatas kami hanya bisa memberi penjelasan tersebut. Tujuan dari pembahasan jenis-jenis penulisan artikel diharapkan dapat menambah ilmu dunia menulis anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *