Pentingnya membuat sub judul dalam sebuah artikel sangat besar. Bisa dikatakan, artikel tidak akan mencapai tingkatan tertinggi ketika bagian ini tidak dibuat. Sebagai bukti nyata, plima coba perhatikan situs-situs besar di dunia yang berisi artikel. Situs-situs tersebut pasti menambahkan hal tersebut di setiap kontennya.

Pentingnya Membuat Sub Judul dalam Sebuah Artikel

Namun yang jadi masalah, kebanyakan penulis baru belum menganggapnya sebagai sebuah hal penting. Dengan adanya anggapan tersebut, pembuatannya jelas tidak dilakukan. Inilah salah satu alasan sulit berkembangnya kualitas penulis di Indonesia. Untuk menghilangkan anggapan tersebut tentu manfaat dari sub judul perlu diketahui terlebih dahulu.

Namun sebelum lanjut ke manfaat, mari samakan persepsi tentang pengertian dari sub judul itu sendiri. Dengan persepsi yang sama, akan lebih mudah untuk menyadari tentang manfaat tersebut. Untuk itu, berikut kami jabarkan terlebih dahulu pengertiannya agar pentingnya membuat sub judul bisa lebih terpahami.

Pengertian dari Sub Judul Pada Sebuah Konten

Sub judul atau subheading merupakan terusan dari judul atau heading itu sendiri. ketika heading diperuntukkan untuk keseluruhan isi artikel, peran dari subheading ini sedikit berbeda. Tidak mewakili keseluruhan tulisan, subheading hanya akan mewakili beberapa paragraf di bawahnya. Keberadaannya jelas sangat bermanfaat.

Ketika membuka sebuah situs, tujuan dari seorang pembaca berbeda-beda. Mungkin ada beberapa orang dengan maksud mengetahui seluruh isi konten. Namun, kebanyakan tidak seperti itu. Beberapa orang hanya membutuhkan sebagian kecil dari isi pada konten tersebut. Pentingnya membuat sub judul nampak jelas pada hal ini.

Seorang pembaca tidak perlu lagi melihat konten secara keseluruhan untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Hanya dengan memperhatikan subheadingnya maka bagian pada konten yang dibutuhkan akan ditemukan. Untuk bahasa lebih mudah, dapat dikatakan bahwa bagian ini berfungsi sebagai navigasi konten.

Dalam penggunaannya pada sebuah konten, terdapat kode tertentu yang sering dibuat dalam menggambarkan subheading. Kodenya sendiri merupakan terusan dari heading. Biasanya, heading sering menggunakan simbol “h” sedangkan subheading menambahkan angka pada simbol tersebut seperti h1, h2, h3, dan seterusnya.

Manfaatnya untuk SEO Sangat Besar

Pentingnya membuat sub judul juga berhubungan dengan SEO. Sebuah artikel akan kesulitan untuk menempati halaman pertama pada mesin pencari apabila penggunaan dari subheading tidak dilakukan. Perlu diingat bahwa konten halaman satu mesin pencari merupakan konten yang bisa memuaskan pembacanya.

Ini menjadi syarat mutlak dari setiap mesin pencari. Ketika sebuah konten tidak memiliki kemampuan untuk memuaskan pembaca, maka mesin pencari akan menempatkannya di bawah konten lain. Seperti pada penjelasan di atas, penggunaan subheading sendiri berfungsi sebagai navigasi.

Baca juga tentang rekomendasi jasa penulis artikel terpercaya

Adanya navigasi jelas meningkatkan kepuasan pembaca. Oleh sebab itu, merupakan pernyataan tepat jika keberadaannya bisa menjadi alasan bagi sebuah mesin pencari untuk menempatkan sebuah konten pada halaman pertama. Selain berhubungan dengan kepuasan pembaca, beberapa trik SEO juga mengatur teknik pembuatan subheading.

Pengaturan pertama terletak pada optimasi jumlah keyword. Beberapa ahli mengatakan jika menjadi nilai plus apabila terdapat keyword pada subheading. Selain berhubungan dengan keyword, beberapa ahli juga memberikan pengaturan khusus pada jumlah kata pada sebuah sub heading. Biasanya, jumlah kata yang relevan tidak terlalu sedikit.

Namun jangan jadikan penggunaan subheading ini sebagai beban. Selalu ingat bahwa manfaat utamanya adalah judul kedua pada artikel. Jika merasa kesulitan ketika membuatnya bersamaan dengan konten, selesaikan terlebih dahulu konten tersebut dan buatlah subheading pada fase akhir pembuatan.

Selalu pastikan agar menggunakannya pada setiap artikel yang dibuat. Dengan itu, kualitas artikel tersebut akan meningkat dari sebelumnya. Dengan itu, langkah menjadi penulis artikel profesional juga semakin dekat. Namun intinya, selalu pastikan bahwa pentingnya membuat sub judul ini telah terpahami dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *