Blog saat ini menjadi media yang tidak kalah populer untuk menuangkan buah pikiran kita. Berdasarkan data dari Kompas, pada tahun 2020 jumlah orang yang menggunakan internet di Indonesia mencapai 64 persen dari total penduduk. Menulis artikel blog adalah membuat artikel yang ditayangkan di blog.

Kita bisa menuangkan buah pikiran dalam bentuk artikel di media blog, yang dapat diakses oleh pengguna internet. Orang lebih mudah meng-klik dan masuk dalam laman blog kita. Namun mungkin tidak semua orang memahami kaidah penulisan dalam artikel blog.

Berdasarkan webinar yang saya ikuti, yang diadakan oleh komunitas blogger, yakni ISB atau Indonesian Social Blogprenuer, dengan pengisinya adalah seorang bloger dan founder ISB, Teh Ani Berta. Beliau menjelaskan panjang lebar apa saja yang hendaknya diperhatikan dalam menulis artikel blog. Seperti apa itu detailnya? Berikut ulasannya.

Membuat Outline atau Kerangka Pikiran

Outline atau kerangka pikir adalah seperti layaknya peta, dia memberikan panduan kepada kita untuk berjalan, artinya adalah dia memberikan arah bagi kita dalam menulis artikel. Kerangka berpikir juga menuntun kita tidak keluar dari topik penulisan, bahkan juga membuat kita dapat mengembangkan ide atau gagasan.

Lantas, bagaimana cara membuat outline atau kerangka pikiran? Secara garis besar, outline berisi beberapa hal, di antaranya adalah:

1. Judul Artikel

Judul adalah nama dari sebuah karya kita. Judul dibuat hendaknya yang dapat menarik pembaca

2. Tema Artikel

Tema di sini adalah garis besar pembahasan mengenai artikel, dengan kita menentukan tema hal tersebut juga membuat kita bisa fokus pada satu hal

3. Latar Belakang Masalah

Sebab-sebab kita mengangkat sebuah persoalan atau fenomena yang kita pilih

4. Tujuan Penulisan Artikel

Kita juga bisa memikirkan apa tujuan dari kita menulis artikel dengan mengangkat sebuah tema atau persoalan tertentu.

5. Manfaat dari Penulisan Artikel

Kita bisa mengonsep manfaat dari artikel yang kita tulis seperti apa.

6. Narasumber

Dalam hal ini kita juga bisa mendatangkan atau mewawancarai narasumber yang ahli di bidang sesuai tema yang kita pilih.

7. Media Pendukung

Dalam menulis artikel blog, hendaknya juga kita menentukan atau mendesain media untuk mendukung artikel, baik itu berupa foto atau gambar, video, maupun infografik.

8. Kesimpulan

Kita membuat kesimpulan dari artikel yang kita tulis.

9. Daftar Pustaka

Kita bisa mencantumkan sumber-sumber yang kita gunakan untuk menulis artikel

10.Target Memublikasikan Artikel

Kita juga hendaknya menentukan target kita memublikasikan artikel di blog. Karena jika kita tidak ditentukan sedari awal, maka kita bisa saja tidak segera menyelesaikan artikel atau justru menunda-nunda untuk menyelesaikan artikel.

Kriteria Penulisan Artikel Blog

Untuk kriteria penulisan artikel blog di antaranya adalah:

1. Jumlah Kata

Untuk jumlah kata minimal dalam artikel blog adalah 800 kata, dan hendaknya juga tidak tidak terlalu panjang, misalnya lebih dari 2000 kata, dikarenakan jika jumlah kata terlalu panjang juga dapat membuat pengunjung blog mudah bosan.

2. Jumlah Paragraf

Untuk jumlah baris terdiri dari 5 – 6 baris dalam satu paragraf.

3. Subjudul

Menggunakan subjudul juga penting diperhatikan dalam menulis artikel blog. Subjudul membantu kita memberikan gambaran umum apa saja yang dibahas dalam bentuk pointer, sehingga pembaca dapat mengetahui secara umum pembahasan artikel kita dan pembaca juga dapat langsung menemukan apa yang dicari tanpa harus membaca secara keseluruhan.

Media Pendukung

Media pendukung adalah salah satu aspek yang dapat menarik pembaca untuk berlama-lama membaca artikel di blog. Media yang dapat digunakan sebagai bentuk support dalam menulis artikel blog di antaranya adalah berupa gambar atau foto, video, animasi, maupun infografis.

Nah, sudah tahu kan apa saja aspek yang diperhatikan dalam menulis artikel blog? Memang ada aspek yang harus diperhatikan dan dipikirkan. Semoga kita dapat menerapkan ilmu tersebut untuk membuat tulisan artikel kita ciamik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *