Bagi pengguna website bisnis tentu harus memahami cara menulis artikel SEO Friendly yang tepat. Sebab artikel yang diunggah secara berkala di sebuah website bisnis tidak sembarangan artikel. Artikel tersebut harus berkualitas dan memenuhi teknik Search Engine Optimization. Supaya mendapatkan penilaian yang baik di mesin pencari.

Mesin pencari mempunyai standar untuk memberikan penilaian terhadap artikel yang diunggah di laman-laman. Penilaian tersebut untuk mengurutkan peringkat artikel di halaman hasil pencarian. Semakin baik penilaian yang diperoleh, maka peringkat di halaman hasil pencarian semakin teratas.

Anda bisa saja mengunggah artikel tanpa menerapkan kaidah penulisan artikel SEO. Namun, peluang artikel untuk berada di halaman pertama hasil pencarian sangat kecil. Semakin sering artikel dari sebuah website muncul di halaman pertama hasil pencarian, maka semakin bagus reputasi website tersebut.

Memang terdapat plugin yang dapat membantu untuk mengoptimasi SEO sebuah website. Namun, tidak selamanya Anda dapat bergantung dengan plugin. Karena menggunakan plugin saja tidak akan optimal. Sangat penting bagi penulis memahami teknik SEO. Di bawah ini kami uraikan beberapa strategi menulis artikel SEO friendly berkualitas.

Menggunakan Keyword yang Sering Dicari oleh Pengguna

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum menulis artikel yakni melakukan riset keyword yang sering dicari oleh pengguna. Sebagai seorang penulis harus paham siapa target audiens dan siapa yang membaca website Anda. Dari situlah Anda dapat memprakirakan target keyword yang sering diketikkan pengguna di mesin pencari.

Menggunakan keyword dalam penulisan artikel juga harus sewajarnya dan tidak berlebihan. Memang fokus keyword untuk mendapatkan penilaian yang bagus di mesin pencari. Namun, Anda harus ingat bahwa artikel yang diunggah dibaca oleh manusia bukan mesin. Tulislah artikel dengan tetap memandang perspektif manusia.

Menulis Artikel yang Memberikan Solusi bagi Pengguna

Mesin pencari mempunyai target indikator untuk menilai pembaca puas atau tidak dengan artikel yang dibaca. Beberapa indikatornya yakni lama waktu yang dihabiskan pengguna untuk membaca artikel dan banyaknya artikel dibagikan. Semakin lama waktu artikel tersebut dibaca dan banyak dibagikan, artikel tersebut dinilai memenuhi kriteria pengguna.

Menulis dan membuat sebuah artikel SEO friendly yang memang selalu dibutuhkan oleh pelaku seo master. Artikel yang berisikan solusi atas sebuah permasalahan dan tips untuk melakukan suatu hal, itulah artikel yang sering dibaca oleh pengguna. Artikel tersebut akan tetap dibaca dan bermanfaat bagi pengguna hingga beberapa tahun yang akan datang.

Memaksimalkan Link Internal dan Link Eksternal

Dalam menulis artikel SEO friendly yang dimuat di media online, ada kalanya perlu menggunakan link internal maupun link eksternal. Link dalam artikel berfungsi untuk membantu memberikan pemahaman terbaik bagi pembaca. Kedua link tersebut mempunyai peranan masing-masing.

Link internal berfungsi menggiring pembaca untuk mengeksplor artikel-artikel lain dalam sebuah website. Dengan adanya pembaca yang akan membaca artikel lainnya, dapat meningkatkan potensi lamanya waktu yang akan pengunjung dihabiskan dalam membaca sebuah website. Sedangkan link eksternal merujuk ke website lain yang berfungsi meyakinkan pembaca bahwa penulis sebelumnya telah melakukan riset.

Menggunakan Heading dan Subheading

Heading dan subheading sangat diperlukan dalam teknik SEO. Heading dapat memudahkan pembaca dan mesin pencari untuk menemukan inti bahasan dari artikel yang ditulis. Selain itu, subheading dapat membantu penulis menguraikan sub pembahasan secara rinci dan lebih teratur. Kemudahan ini dapat meningkatkan kualitas website.

Mungkin sampai di sini penjelasanya, dapat anda dipahami bahwa membuat serta menulis artikel yang dioptimasi dengan SEO friendly agar berkualitas memang wajib membutuhkan sebuah ketelitian dan ketekunan. Teliti terhadap kaidah-kaidah penulisan SEO dan tekun memperhatikan estetika penulisan artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *